KPK Bakal Periksa Wali Kota Bekasi

JAKARTA, Pantura News—Penyelidikan lanjutan atas insiden tertangkapnya dua oknum pegawai Pemkot Bekasi saat berusaha menyuap auditor BPK terus bergulir.

SETELAH memeriksa kantor Pemkot Bekasi, penyidik KPK kemungkinan akan memanggil Wali Kota Bekasi Mochtar Mohamad, untuk dimintai keterangan. “Sampai hari ini kita belum memerlukan keterangan itu. Tapi apabila kita memerlukan, kita akan minta kepada yang bersangkutan (Wali Kota Bekasi),” ujar Juru Bicara KPK Johan Budi di Jakarta, Jumat (25/6).

Johan menjelaskan, pihaknya telah menyita sejumlah dokumen dari Pemkot Bekasi. Salah satunya berupa notulen rapat. “Tapi aku tidak tahu isi notulennya. Yang kami kembangkan, apakah yang menerima uang itu cuma S. Dari mana dananya itu. Kalau hasil penelusuran tercecer dan merembet kemana-mana, kita lihat saja nanti,” ujarnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pada Senin 21 Juni lalu, penyidik KPK menangkap tangan dua pegawai Pemerintah Kota Bekasi berinisial HL dan HS serta seorang auditor BPK berinisial S di rumahnya di kawasan Lapangan Tembak, Cikutra, Cibeunying, Bandung, Jawa Barat.
Dari rumah S, KPK berhasil menemukan uang yang diperkirakan berjumlah Rp 272 juta. Tersangka HS dan HL dijerat dengan pasal 5 ayat 1 huruf a atau pasal 13 UU Nomor 31 Tahun 1999 yang diubah menjadi UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. Sedangkan S dijerat pasal 12 huruf a dan pasal 5 ayat 2 atau pasal 11 UU yang sama.

Dari hasil penelusuran, HS yang menjabat sebagai Kabid Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Bekasi, bernama Herry Suparjan. HL yang merupakan Inspektorat Wilayah Kota Bekasi adalah Heri Lukman. Sedangkan S yang diduga adalah Suharto merupakan Kepala Auditoriat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jabar III. (SN)

Iklan

One Response to KPK Bakal Periksa Wali Kota Bekasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: