DPR: Keterlibatan BPK Tanda Lemahnya Pengawasan

JAKARTA, Pantura News—Belum lama kasus penggelapan pajak yang melibatkan pegawai pajak Gayus Tambunan mencuat, kali ini muncul kasus penyuapan yang melibatkan seorang pejabat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) eselon III berinisial S di Jawa Barat.

TAK terkecuali anggota komisi III DPR RI Nasir Djamil mengatakan, “Ini memang lemahnya pengawasan institusi, pengawasan seharusnya dilakukan tetapi sistemnya tidak berjalan dengan baik. Selain itu, juga pengawasan masih konvensional,” ujar anggota Komisi III DPR Jumat (24/6).

Pengawasan yang ada di semua institusi, ujar dia, haruslah diperketat agar bisa menutup celah bagi oknum-oknum yang ingin melakukan pelanggaran-pelanggaran yang nantinya merugikan institusi itu sendiri. “Kalau sistemnya sudah mengawasi para penegak hukum, menurut saya tidak akan bisa melakukan penyelewengan,” paparnya.

Menurut dia, terbongkarnya kasus yang saat ini menimpa BPK dinilai sebagai sebuah bentuk kesigapan penegak hukum. Khususnya KPK yang bisa membongkar kasus ini sebelum melibatkan banyak pihak dari berbagai institusi pemerintah. Baik dari daerah maupun penegak hukumnya.”Ketika kasus BPK ini baru terindikasi sekarang, untung saja dari awal ditangkap. Kalau tidak, mungkin dia sudah mempengaruhi penegak hukum lainnya,” tandasnya.

Pun demikian, ia enggan memprediksi bahwa kasus ini akan terus bergulir yang nantinya akan sampai menyeret kepada salah satu petinggi BPK lainnya. Karena menurut politisi PKS ini, kasus yang sekarang tidak bisa langsung dikaitkan dengan institusi. Karena yang tertangkap itu adalah oknum yang luput dari pengawasan.

Seperti diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin 21 Juni 2010, menangkap Kepala Sub Direktorat Auditoriat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di Bandung, Jawa Barat berinisial S.
Penangkapan tersebut disinyalir merupakan praktik suap terkait audit BPK Jabar ‎terhadap Pemerintah Kota Bekasi. Pemkot Bekasi meminta agar hasil auditnya dinyatakan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). (SN) okezone

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: