Tabung Gas Tiga Kg Akan Didata Disperindagkop Kota Bekasi

BEKASI—Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (disperindagkop) Kota Bekasi akan segera mendata seluruh tabung gas tiga kilogram yang beredar di wilayah Kota Bekasi. Hal ini dilakukan untuk memastikan tabung gas yang beredar telah sesuai dengan SNI dan layak sehingga tidak ada kasus ledakan tabung gas tiga kilogram karena tabung yang tidak layak.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (disperindagkop) Kota Bekasi Aan Suhanda, Jumat (25/6) mengatakan langkah ini diambil sebagai langkah antisipasi terhadap kerusakan tabung gas yang dipakai oleh kalangan rumah tangga. Terlebih, di Kota Bekasi kasus ledakan gas terbilang sering. Dalam catatan kepolisian di wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi telah mencapai delapan kasus dengan korban luka mencapai 15 orang. “Meski belum ada korban jiwa, tetapi jumlah korban luka sudah banyak sehingga perlu langkah untuk mencegah kejadian yang serupa,” kata Aan.

Hanya saja, saat ini pihaknya masih kesulitan mendata tabung gas yang telah beredar di masyarakat. “Saat ini sedang dalam proses pendataan kembali. Kami sedang berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk mengetahui secara pasti berapa jumlah tabung gas yang telah dibagikan dan beredar di Kota Bekasi. Sementara, data yang ada masih dalam proses evaluasi, ” ujar Aan.

Diakui Aan, ledakan gas yang terjadi di Kota Bekasi dipengaruhi sejumlah faktor. Selain tabung gas yang kemungkinan tidak layak, ada pula faktor lain, misalnya kelalaian pengguna. “Setelah didata, penyuluhan baru akan dilakukan,” tambahnya. (PR)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: